Reni Subarkah
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Semarang
Saat
ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Pendidikan merupakan salah
satu aspek yang tidak lepas dari pemanfaatan teknologi sejak dahulu, dimana
produk inovasi yang ada diaplikasikan untuk membantu kegaitan belajar mengajar.
Pada sekarang ini, penggunaan komputer terjadi dengan pesat dalam perkembangan
teknologi terkini yang memberikan kesempatan luas pada guru dan siswa serta
memberikan makna baru dalam pembelajaran.
Teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) atau dalam bahasa
Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies
(ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis
untuk memproses dan menyampaikan informasi (sumintono,dkk, 2012). TIK mencakup
dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi
Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai
alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi
komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu
untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh
karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep
yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung
pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
TIK
akan memberikan manfaat bagi pendidikan apabila TIK itu dirancang sedemikian
rupa dan digunakan secara baik dalam pendidikan. Tanpa adanya rancangan TIK
yang baik maka tidak akan memberikan manfaat yang optimal bagi pendidikan. Oleh
karena itu TIK dalam pendidikan seharusnya dirancang dengan baik agar dapat
bermanfaat bagi pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan. Selain TIK itu
dirancang dengan baik maka perlu juga model penggunan TIK dalam pendidikan agar
TIK dapat dengan maksimal digunakan dalam dunia pendidikan.
Apa
sajakah penggunaan TIK dalam pendidikan? Didalam artikel ini terdapat pandangan
mengenai model penggunaan TIK (internet) dalam pendidikan, yaitu sebagai
berikut :
Menurut
Abdulhak (2005) (dalam Rusman) mengkasifikasikan penggunaan TIK ke dalam 3
jenis, yaitu : (1) TIK sebagai media (alat bantu) pendidikan, artinya sebagai
pelengkap untuk memperjelas uraian-uraian yang disampaikan guru; (2) TIK
sebagai sumber, dalam penggunaan jenis ini TIK digunakan sebagai sumber
informasi, dalam penggunaanya siswa mencari informasi melalui TIK berdasarkan
bimbingan guru; (3) TIK sebagai sistem pembelajaran, pada jenis ini TIK
dirancang sedemikian rupa sebagai suatu sistem pembelajaran yang terintegrasi.
Fungsinya sebagai media, sumber belajar, juga sistem atau prosedur
pembelajaran.
Dari
ketiga jenis penggunaan TIK menurut Abdulhak diatas maka dapat dipilih sesuai
dengan kebutuhan. Tidak ada suatu keharusan tertentu untuk menggunakan model
yang mana yang akan digunakan. Bahkan jika dipandang dengan cara konvesional
lebih efektif dan efisien untuk bagian-bagian tertentu, maka model pembelajaran
konvesional lebih baik untuk digunakan, tidak perlu memaksakan menggunakan ICT
dalam pendidikan.
Akan
tetapi ketika kebijakan, dengan berbagai pertimbangan tertentu untuk
mengoptimalkan penggunaan TIK dalam proses pendidikan, maka agar penerapan TIK
dalam pendidikan itu betul-betul optimal diperlukan kemampuan dalam pengolahan
dan pelaksanaan pendidikan berbasis TIK secara baik.
Dengan
adanya TIK dalam pendidikan pastinya memerlukan internet. Disini saya
menjelaskan pemanfaatan internet dalam pendidikan, yang pertama pemanfaatan
internet secara langsung, disini komputer dihubungkan ke internet untuk mencari
informasi,situs yang dimaksud saat proses pembelajaran. Kedua, pemanfaatan
secara tidak langsung, disini guru mencari dan mengunduh (mendownload) materi
terlebih dahulu baru kemudian akan ditayangkan pada saat pembelajara. Pada
waktu lain guru menugaskan siswa untuk mencari berbagai informasi yang
dibutuhkan untuk keperluan pembelajaran.
Dari
penjelasan tentang penggunaan TIK dalam pendidikan diatas, maka bisa kita lihat
bahwa begitu luasnya alternatif dalam penggunaan TIK dalam pendidikan.
Pemakaian model penggunaan TIK mana yang dapat digunakan itu tergantung dari
karakteristik ataupun kemampuan dari suatu lembaga atau penyelenggara pendidikan
yang bersangkutat maupun sesuai kebutuhan. Tidak ada suatu keharusan untuk
menggunakan model yang mana untuk digunkan.
Referensi
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran
berbasis Teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Sumintono, Bambang,dkk. 2012. Penggunaan
Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Vol.17, No.1.
makasih sudah sharing yah kak
ReplyDeletemasker sariayu untuk memutihkan wajah