Skip to main content
Jenis-jenis Komunikasi di Dunia Maya
Tri Widianingsih/ wiwidw31@gmail.com
E-mail
E-mail merupakan kependekan dari electronic mail yang merupakan surat elektronik. Kata e-mail mempunyai dua arti yang (a) email merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik. Contoh aplikasinya adalah yahoo mail, Gmail, Hotmail, yang digunakan untuk membaca, mengirim dan menyimpan e-mail. (b) e-mail yaitu surat yang dibuat, dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat, dikirim dan diterima dalam bentuk data yang diolah yang digunakan untuk memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet.
E-mail ini memudahkan komunikasi jarak jauh untuk keperluan yang penting, e-mail ini bersifat rahasia dan bukan hanya dalam bentuk teks e-mail ini bisa dikirim namun, dalam bentuk gambar, suara dan videopun bisa dikirim melalui e-mail ini dan semuanya dalam bentuk data elektronik namun, harus membuka jaringan internet untuk bisa melihat apa yang harus dikirim dalam via email ini.
Milis
Milis atau Mailing List merupakan layanan dalam internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail. Dalam Mailing List ini terdapat dalam beberapa kategori, topik dan kelompok tertentu. Salah satu penyedia server Mailing List adalah yahoo. Untuk dapat menggunakan ini kita harus terdaftar terlebih dahulu dalam penyedia mailing list misalnya dalam yahoo groups. Kalau sudah terdaftar kita bisa mengirim dan mengakses sesuai dengan tema diskusi yang diinginkan.
Didalam mailing list ini jika kita sudah jenuh terhadap kategori atau kelompok yang kita tuju pada awal diskusi kita bisa keluar dalam kelompok tersebut dan berpindah pada kelompok baru yang bisa kita minati. Jika kita ingin membuat kelompok baru kita harus memilih tema diskusi terlebih dahulu dan mengundang orang yang memiliki keminatan yang sama namun, disini kita juga harus mengelola kategori dalam kelompok ini sebagai anggota(member) dan pemilik(owner) dan menghapus keanggotaan milist.
Chatting
Chatting atau ngobrol yang merupakan program yang tersedia yang digunakan untuk mengobrol atau berinteraksi via internet. Dalam dunia sekarang chatting bisa digunakan oleh siapapun dan dalam interaksi apapun dengan orang diseluruh belahan dunia. Dalam dunia sekarang juga fasilitas chatting ini digunakan untuk ajang mencari jodoh atau kepentingan yang lain bahkan untuk kepentingan juga.
Jenis komunikasi media maya bisa dilakukan dengan program chatting yaitu komunikasi lewat tulisan, komunikasi dengan suara, komunikasi dengan gambar, bisa mengirim file dan juga bisa mengirim pesan singkat. Chatting juga dibagi menjadi dua menjadi berdua dan rame-rame dengan menggunakan chatting room. Perangkat lunak chatting adalah Mirc, Msn Messenger, Icq, GotoWorld, dll. Fasilitas dalam Yahoo Messenger yaitu chat lewat suara, chat lewat tatap muka, melakukan panggilan dari komputer ke komputer, mendengarkan radio dll.


Facebook
Facebook adalah program aplikasi jaringan sosial berbasis internet. Program aplikasi ini dicetuskan oleh Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Harvard yang tujuan awalnya digunakan untuk mengenal antarmahasiswa Harvard, saling mengenal jatidiri yang terlalu banyak mahasiswanya. Metode facebook ini untuk mengenal teman, memperluas pertemanan, dengan cara mengundang ataupun diundang oleh teman.
Twitter
Twitter adalah program aplikasi yang berbasis internet. Dalam aplikasi ini bisa mengikuti beberapa komunikasi atau beberapa orang publik figur maupun perangkat publik yang memberikan informasi maupun berita yang lagi trend masa kini. Dalam aplikasi ini biasanya bisa repost dalam berita dan beberapaq sumber terupdate lainnya.
Line
Line merupakan program aplikasi chating dunia maya yang berupa gambar gerak maupun video call seperti halnya skype dan aplikasi lainnya. Didalam aplikasi ini juga memberikan berita ter update jika aplikasi line disambungkan atau menambahkan dari sumber berita yang diinginkan.
Whatsapp
Whatsapp merupakan program aplikasi yang hanya dibuat chat ataupun nelfon. Didalam whatsapp juga ada beberapa aplikasi seperti grup yang jika ada pemberitahuan seluruh grup akan membaca pemberitahuan tersebut.
Jenis komunikasi di dunia maya yang digunakan guru sesuai dengan kebutuhan dan tergantung tujuan dan sifat komunikasi itu sendiri. Dan guru juga harus mempertimbangkan kebutuhan untuk siswa apakah yang dibutuhkan bisa dengan pertemuan langsung atau dengan media maya saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

Comments

Popular posts from this blog

Konsep, Fungsi, dan Manfaat Pembelajaran Berbasis Web

Konsep, Fungsi, dan Manfaat Pembelajaran Berbasis Web Oleh Joko Wiyono Jokopoyeng15@gmail.com      Bahan ajar berbasis adalah bahan ajar yang disiapkan, dijalankan, dan dimanfaatkan dengan media web. Bahan ajar sering juga disebut bahan ajar berbasis internet   atau bahan ajar online. Terdapat tiga karakteristik utama yang merupakan potensi besar bahan ajar berbasis web, yakni: menyajikan multimedia, menyimpan, mengolah, dan menyajikan informasi dan hyperlink. Karena sifatnya online, maka bahan ajar berbasis web mempunyai karakteristik khusus sesuai dengan karakteristik web itu sendiri. Salah satu karakteristik yang paling menonjol adalah adanya fasilitas hyperlink. Hyperlink memungkinkan sesuatu subjek ngelink ke subjek lain tanpa ada batasan fisik dan geografis, selama subjek   yang bersngkutan tersedia pada web. Dengan adanya fasilitas hyperlink maka sumber belajar menjadi sangat kaya. Search engine sangat membantu untuk mencari subjek yang dapat dijadikan link.

Model-Model Pembelajaran Berbasis Komputer

Oleh Linda Nurul Khusna h / lindatp040@gmail.com 1.       Model Drills (Latihan) Model drills adalah suatu model pembelajaran yang di rancang untuk melatih siswa tentang bahan pelajaran atau materi pembelajaran yang sudah diberikan atau di jelaskan oleh guru. Dalam model ini siswa diberi sebuah permasalahan atau pertanyaan-pertanyaan  yang harus di pecahkan oleh siswa, kemudian komputer akan memberikan respon atau memberikan umpan balik kepada siswa atas jawaban yang telah diberikan oleh siswa. hal ini bertujuan untuk melatih siswa agar mengerti  terhadap bahan pelajaran yang telah di ajarkan oleh guru mata pelajaran. Dengan model drills ini siswa dilatih terus menerus dan untuk meningkatkan kemahiran siswa sehingga siswa akan lebih muda memahami materi yang di ajarkan oleh guru. Model ini menggunakan prinsip latihan terus menerus sehingga menjadi kebiasaan bagi siswa, siswa diharapkan akan ingat terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Model ini h

Desain Laboratorium Sekolah

DESAIN LABORATORIUM SEKOLAH Oleh Arum Khasanah   arumkhasanahTP14@gmail.com Proses   pendidikan   dan   pembelajaran   di   sekolah   memerlukan   dukungan   sarana   dan prasarana   yang   memadai   agar   dapat   berjalan   dengan   baik. Berbagai cara dilakukan oleh guru ataupun pihak sekolah untuk selalu meningkatkan serta mendukung proses belajar siswa yang lebih efektif dan efisien. Meskipun banyak faktor yang menentukan kualitas pendidikan atau proses belajar, salah satunya yang terkait dengan pusat sumber belajar, media belajar dan tempat belajar yang layak. Berbagai fasilitas yang dapat dijadikan sebagai pusat sumber belajar  salah satunya adalah laboratorium. Laboratorium sangat diperlukan sebagai sarana ataupun prasana oleh pihak sekolah sebagai tempat pembelajaran untuk siswa melakukan eksperimen dan kegiatan praktik secara langsung, sehingga dapat meningkatkan pengetahuannya (Kurniawan, Deni, dkk, 2013). Laboratorium harus dilestarikan dan dikelola oleh pih